Rabu, 27 Juli 2016

OBJEK WISATA SITU MUSTIKA KOTA BANJAR

OBJEK WISATA SITU MUSTIKA KOTA BANJAR


Situ Mustika adalah sebuah destinasi wisata alam yang menawarkan suasana hutan yang sejuk serta panorama Situ yang asri, indah dan tenang. Di tengah-tengah Situ ini terdapat sebuah pulau kecil dan jembatan gantung yg menghubungkan pulau tersebut dengan pinggir Situ.

Para pembaca yang budiman, Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar merupakan destinasi wisata yang memang sudah bisa dibilang "multi fungsi" untuk hanya sekedar liburan, bersantai bahkan untuk melakukan sebuah kegiatan. Destinasi wisata yang cukup berdekatan yaitu Banjar Atas, Lapang Bakti kota Banjar, Taman Dobo Kota Banjar, Komplek PUSDAI Kota Banjar, Banjar Waterpark dan Taman-taman di Bantaran sungai Citanduy, yang semuanya ini adalah beberapa dari deretan tempat-tempat untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Banjar Patroman.

Kawasan Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar ini sudah dikelola oleh Perum Perhutani adapun luas kawasannya adalah ± 8,5 Ha, dengan rinciannya 3,5 ha berupa situ dan 5 Ha daratan.  

Letak dan Aksesibilitas

Objek Wisata Situ Mustika Kota Banjar - Letak geografis destinasi obyek Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar 2017 adalah berada pada 07°21’41,98” LS sampai 07°21’45,42” LS serta 108°32’43,68” dan 108°32’49,67” BT. bisa dilihat pula di GPS menunjukan  di : -7.362102, 108.546219.

Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar ini terletak pada jalur lintas selatan jawa sehingga transfortasinya yang cukup ramai dan dapat diakses dari tiga arah.  Dari arah Ciamis bisa menggunakan jalan raya Ciamis – Banjar dengan waktu yang diperlukan sekitar 30 menit. dan untuk arah Jawa Tengah yaitu pada jalan raya Cilacap – Ciamis dengan jarak waktu tempuh kira-kira sekitar 20 menit dari batas provinsi.  Sedangkan untuk arah Pangandaran sendiri dapat diakses melalui jalan raya  Pangandaran – Ciamis, masuk kota Banjar, menggunakan jalan Jend Soewarto. adapun waktu yang ditempuh Banjar – Pangandaran adalah sekitar 2,5 jam. 

Tinjauan Sejarah

Objek Wisata Situ Mustika Kota Banjar dibangun sekitar tahun 1950-an dengan alasan pembangunanya diperuntukan untuk memenuhi kebutuhan air pada masyarakat sekitar dan Rumah Sakit Umum Banjar.Namun pada kenyataannya tahun 1950 – 1962an, Situ Mustika menjadi obyek wisata alam lokal bagi warga Banjar Patroman, terutama dalam hari-hari besar seperti H+ pada Hari Raya Idul Fitri (lebaran) menjadi salahsatu keramaian yang memuncak pada masa itu.

Acara yang dianggap paling seru dikala itu adalah atraksi naik sepeda di jembatan papan panjang yang melitasi situ ke pulau di tengah situ. dan sebuah aktrasi lomba loncat indah pada papan loncat yang ketinggiannya mulai dari ketinggi 5 meter sampai lebih dari 25 meteran.

Kuliner kawasan Situ Mustik pada jaman dahulu banyak di jual adalah makanannya seperti nasi timbel, pais Ikan Peda merah, tape ketan hitam dan rujak pedas, sedangkan minumannya es kopi berikut rujak mangga kaweni.

Pada masanya ditahun 1965, kawasan ini dikuasai oleh BTI/PKI. Mereka semua menguasai komplek kehutanan Situ Mustika dikarenakan telah mendapat dukungan penuh dari SB Kehutanan/SOBSI untuk pengelolaaan kawasan ini. tetapi beberapa peristiwa setelah kehancurannya yang sangat fenomenal pada G-30-S PKI, kedudukan BTI/PKI menjadi sangat terdesak untuk melepaskan kawasan tersebut. maka pada tahun 1966, kompleks Situ Mustika ini sudah dikuasai oleh pihak yang  berwajib dan selanjutnya diserahkan kepada pihak Kehutanan Ciamis

Pada masa tahun 1985, Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar resmi dijadikan objek wisata alam oleh Perum Perhutani sampai sekarang.

Daya Tarik

Kawasan Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar memiliki daya tarik dengan adanya suasana alam yang asri dan dikelilingi oleh hutan lindung. Udaranya yang sejuk segar karena masih banyak pepohonan di sekitar kawasan ini.

Kegiatan yang dapat dinikmati di Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar diantaranya adalah melihat, merasakan keindahan alam danau kecil, hutan tanaman tropis, duduk-duduk santai di pulau yang telah berada di tengah danau, mengelilingi danau, mendaki gunung ataupun piknik, berperahu ria dan cukup keren juga dijadikan ajang mancing mania (hehehe). tapi yang tak kalah kerennya juga biasa digunakan untuk kegiatan outbond, kegiatan pendidikan di alam atau penelitian alam serta kegiatan lain seperti reuni sekolah dan munggahan (sebelum bulan Ramadhan) bagi muslim.


Gambaran suasana Objek Wisata Situ Mustika Kota Banjar disebelah barat meliputi puncak Gunung Babakan. Pemandangan ini dapat menarik wisatawan yang sekedar ingin mencari ketenangan di sela kesibukan dan kesuntukkan dengan duduk bersantai dan menikmati keadaan udara sejuk segar sekitar situ. Di tengah-tengahnya juga ada pulau. Di pulau tersebut terdapat gazebo yang bisa digunakan wisatawan untuk berkumpul bersama dengan keluarga. 

Kegiatan yang bisa dilakukan pada Wisata Alam Situ Mustika cukup dikenal lama sebagai tempat berkemah (camping ground).  Kelompok Pramuka, pelajar dan para pecinta alam biasa menggunakan Situ Mustika dalam agenda tahunannya.  Hal ini disebabkan karena wana wisata alam ini memiliki lokasi yang strategis dan memiliki syarat yang cukup dalam kegiatan di alam luar dengan fasilitas-fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai.

Objek Wisata Situ Mustika biasa juga digunakan untuk perkumpulan hobby yang tentunya lebih mengasikan, seperti pada klub off roader, penggemar sepeda gunung atau motor trail untuk melakukan gathering atau outbound yang tentunya sangat mantap broo !.  


Sedangkan pada musim liburan atau pas Hari Raya Idul Fitri (hari-hari besar), Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar merupakan tempat favorit untuk melakukan reuni keluarga atau alumni suatu almamater  untuk melaksanakan sebuah kegiatan bersama.Namun tak heran selalu menjadi agenda rutin mingguan di Wisata Alam Situ Mustika Kota Banjar adalah memancing (mancing mania gitu).  eit ga cuma disitu para penggemar memancing pada datang dari luar Banjar juga, seperti Ciamis, Tasik bahkan Garut dan Cilacap.

Budaya

Objek Wisata Situ Mustika pada setiap tahunnya suka melakukan kegiatan yang aga sakralan dikit yaitu acara "Ngarumat Mustika" , ini adalah sebuah pertunjukan seni-seni daerah seperti calung, reog, ketoprak, ronggeng gunug, dan kuda lumping. Kegiatan yang seperti ini bisa dihadiri oleh seniman dan budayawan dari luar Kota Banjar yang sebelumnya diadakan prosesi. 

Fasilitas

Objek Wisata Situ Mustika memiliki fasilitas yang bisa dikatakan terbatas, namun cukup memadai.  Fasilitas-fasilitas umum seperti halnya MCK dan Mushola relatif dalam kondisi baik. Terdapat juga warung penjual makanan jadi tidak perlu susah kalau hanya untuk ganjal perut, ada tempat parkir yang cukup luas serta jalur tracking mengelilingi situ. serta di pulaunya terdapat satu buah gazebo yang bisa digunakan untuk menampung 10 – 15 orang. ditambah lagi terdapat satu buah dermaga dengan lima buah sepeda air. untuk menghubungkan pulau dengan pinggir situ mustika ada sebuah jembatan gantung dengan kondisi yang masih baik. 

Adapun Tiket masuk ke Objek Wisata Situ Mustika ini adalah masih sangat murah sekali, kalau ga percaya coba saja cek sekarang, Ya ....!

Terimakasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat. Selamat berwisata !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar